Skip to main content

RUKUN CINTA



OLEH AJIB SETYA BUDI UNTUK KORAN MERAPI PEMBARUAN, 23 AGUSTUS 2011
Iman sering diartikan percaya. Orang yang beriman kepada Allah sama dengan orang yang percaya bahwa Allah itu ada. Orang yang tidak beriman (kafir) adalah orang yang tidak percaya keberadaan Allah. Benarkah beriman sekedar percaya saja?
Dalam al-Qur’an ditegaskan bahwa orang kafir pun sejatinya percaya bahwa Allah itu ada. “Dan sungguh jika kamu bertanya kepada mereka, siapakah yang menciptakan langit dan bumi? Niscaya mereka menjawab: Allah...!"(az-Zumar 38).  Dari ayat itu jelas bahwa iman atau kafirnya seseorang bukanlah karena  percaya ataupun tidak percaya kepada Tuhan. Istilah Iman sesungguhnya lebih dekat kepada cinta. Perhatikan firman Allah, “Dan diantara manusia ada orang-orang yang menyembah tandingan-tandingan selain Allah; mereka mencintainya sebagaimana mereka mencintai Allah. Adapun orang-orang yang beriman amat sangat cintanya kepada Allah. Dan jika seandainya orang-orang yang berbuat zalim itu mengetahui ketika mereka melihat siksa (pada hari kiamat), bahwa kekuatan itu kepunyaan Allah semuanya, dan bahwa Allah amat berat siksaan-Nya (niscaya mereka menyesal)” (al-Baqarah 165).
Orang mukmin adalah orang yang ‘assaddu hubban lillah’ (sangat cinta kepada Allah). Cinta kepada Allah tentulah bukan sekedar percaya bahwa Allah itu ada dan berkuasa. Cinta memiliki medan semantik yang lebih mendalam dibanding percaya. Orang yang cinta sesuatu pasti percaya,  sebaliknya orang yang percaya  belum tentu cinta terhadap sesuatu itu. Dulu, di jaman revolusi kemerdekaan, bangsa kita percaya bahwa negri Belanda itu ada. Tetapi walaupun demikian, kita tidak mencintainya karena negeri kincir angin itu menjajah bangsa kita.
Orang yang sedang jatuh cinta kepada orang lain maupun kepada tuhan biasanya memiliki ciri-ciri tertentu seperti: 1).Bila disebut namanya bergetar hatinya. 2) Ingin selalu membaca suratnya. 3) Selalu rindu dan ingin dekat dengannya. 4). Kapan saja dan dimana saja selalu ingat akan dirinya. 5).Rela berkorban hanya demi dirinya. Bila kita mengenal ‘rukun iman’ dalam pelajaran agama Islam,  maka inilah ‘rukun cinta’ yang berlaku universal. Siapapun diri kita, apabila mencintai sesuatu pastilah terdapat  tanda-tanda cinta itu.

Dari ‘rukun cinta’ di atas kita bisa mengukur, sudahkah kita termasuk orang-orang yang beriman? Apakah bila disebut nama Allah maupun dibacakan ayat-ayatnya  hati kita bergetar atau bahkan menangis? Sudahkah kita ingin selalu membaca al-Qur’an sebagai surat cinta Allah kepada kita? Seberapa seringkah kita berdo’a dalam melakukan pekerjaan apapun sebagai bukti bahwa kita selalu ingat tentang Dia? Sudahkah kita secara ikhlas rela berkorban untuk bersedekah, berinfak dan berzakat menolong fakir miskin?  Itulah pertanyaan-pertanyaan yang bisa dipakai untuk bahan muhasabah (evaluasi) diri, ketika kita mau beriktikaf di Masjid untuk menggapai kesadaran al-Qur’an pada setiap  momentum Lailatul Qadar pada minggu terakhir ramadan ini.

“Sesungguhnya orang-orang yang beriman ialah mereka yang bila disebut nama Allah  gemetarlah hati mereka, dan apabila dibacakan ayat-ayatNya bertambahlah iman mereka (karenanya), dan hanya kepada Tuhanlah mereka bertawakkal’. (Yaitu) orang-orang yang mendirikan shalat dan yang menafkahkan sebagian dari rezki yang Kami berikan kepada mereka. Itulah orang-orang yang beriman dengan sebenar-benarnya. Mereka akan memperoleh beberapa derajat ketinggian di sisi Tuhannya dan ampunan serta rizki (nikmat) yang mulia”. (al-Anfal 2-4).

Comments

Popular posts from this blog

Cara mengembalikan blog yang di hapus blogger|di anggap spam

Waktu itu ayah saya blognya di hapus lalu ayah saya mencari di mbah google dan akhirnya ketemu cara mengembalikan blog yang dihapus, inilah caranya Diambil dari :     silado-Minority761.blogspot.com   Buka akun blogger ini saya terima tanggal 24 maret 2013,sekitar pukul 06.00 wib. blog ayah saya tidak bisa di akses normal/link masih tercantum di internet tapi tidak bisa di buka banned/muncul url-link blog tp tidak bisa dibuka) Apakah sobat pernah mengalami kejadian ini tiba-tiba saat kita login,kita tidak bisa mengakses dan mengatur apalagi melihat tampilan/view blog kita, Bahkan di saat kita masukan alamat url blog kitapun muncul tulisan:blog ini telah dihapus dan..bla ..bla.." google is the best "  otomatis kita kaget shok kecewa sedih frustasi karena (bagi yang sudah tau nikmat indahnya nge-blog online di internet) mungkin blog kesayangan kita yang sudah kita banggakan dan urus bertahun-tahun capek mengurus sudah full SEO online sana-sini memulai dari nol,h

Game HD di Android

Berikut adalah game buat hape android buat teman teman yang suka main game di hape kesayangannya. harus segera download game game untuk android berikut ini. 1. EA FIFA 2010 (v. 1.0.40) Buat yang mau nge game sepak bola ala iPhone gitu patutnya mencoba ini Lebih enak kalau devicenya pake Multitouch Download .apk Download file data   kopi data ke SDCARD:\data\data\com.eamobile.Fifa\files Download Game FIFA 12 v1.6.01 Apk for Android. download .apk   2. METAL SLUG 3 v1.0   Suka game perang perangan, goyang goyang senjata pake hape? WAJIB INSTAL INI Download .apk Download file data 3. NFS SHIFT   Balapan yang lebih mantaf dah daripada Raging Thunder download or download apk 4. SOULCRAFT v0.8 ALL DEVICES Dengan manusia di tepi jurang untuk menemukan rahasia kehidupan kekal , malaikat dan setan janjian untuk memberitakan kiamat untuk dapat terwujud ke dunia nyata , melawan manusia dan menjaga lingkaran kehidupan utu

Dog